Faktor Yang Perlu Diperhatikan Agar Anggrek Cepat Berbunga


Setelah merawat anggrek, tentu kamu ingin agar tanaman yang telah dirawat cepat mengeluarkan bunga. Kamu perlu memerhatikan faktor berikut ini agar cepat melihat tanaman anggrek berbunga.

1. Media Tanam
Agar tanaman anggrek rajin berbunga, gunakan media tanam yang tepat. Biasanya, media tanam yang digunakan adalah perpaduan antara potongan batu bata atau genteng dan bekas tanaman pakis, bahan-bahan yang alami.

Perbandingan yang digunakan adalah 1/3 bagian bawah adalah potongan bata. Sementara 2/3 bagian atasnya diisi tanaman pakis.

2. Pemilihan Pot
Pemilihan pot ternyata juga berpengaruh terhadap tajin tidaknya anggrek berbunga. Penggunaan pot berbahan tanah liat sangat dianjurkan, terutama pot yang memiliki banyak lubang. Selain itu, kamu juga bisa menyimpan pot-potnya di dalam rak bunga agar terlihat lebih rapi.

3. Rumah Lindung
Walaupun anggrek suka terhadap sinar matahari, tapi intensitasnya juga harus dibatasi. Sebaiknya anggrek diletakkan dalam ruangan lindung yang intensitas cahayanya sekitar 50-70%. Kamu bisa menggunakan paranet untuk membuat rumah lindung tanaman anggrek.

4. Penyiraman
Tanaman juga sangat membutuhkan air seperti kita, perhatikan penyiraman pada tanaman anggrekmu. Siram tanaman sebanyak dua kali sehari jika cuaca panas, waktunya antara jam 7-9 pagi dan jam 3-5 sore. Tapi, jika hari sedang hujan, kita tidak perlu menyiram bunga anggrek.

Lihat Juga : Toko Bunga Serpong Murah

5. Pengaturan Tanaman
Penempatan tanaman anggrek juga perlu diperhatikan agar mudah untuk berbunga. Sebaiknya, tempatkan tanaman anggrek pada rak dengan ketinggian 1 meter. Jangan tempatkan tanaman anggrek secara berjenjang, karena ini akan mengganggu aliran udara.

6. Pemupukan
Pemberian pupuk merupakan salah satu yang paling harus kamu perhatikan agar anggrek jadi rajin berbunga. Berilah tanaman anggrek dengan pupuk yang tinggi unsur hara-nya.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk memberikan pupuk adalah lewat penyemprotan. Atau, kamu juga bisa memakai pupuk slow launching yang ditaburkan langsung ke media tanam.

7. Pemberian ZPT
Agar tanaman anggrek milikmu cepat berbunga, kadang perlu juga diberikan ZPT atau hormon. Biasanya, hormon yang dipakai adalah giberelin, atau kamu juga bisa menggunakan air kelapa dengan takaran 150 ml air kelapa yang dilarutkan menjadi 1 liter.

8. Pemberantasan Hama
Salah satu faktor yang menyebabkan anggrek enggan untuk berbunga adalah adanya kotoran, sampah daun, hama, dan gulma. Serangan penyakit juga dapat menghambat pertumbuhan bunga pada tanaman anggrek.

Sesekali, kamu bisa memberikan pestisida pada tanaman anggrek. Gunakan insektisida jika yang menyerang adalah serangga. Atau kamu bisa memakai fungisida kalau tanaman anggrek terkena jamur.

Itu tadi beberapa hal yang harus kamu perhatikan jika ingin merawat bunga anggrek agar rajin berbunga.
Selamat mencoba

0 Response to "Faktor Yang Perlu Diperhatikan Agar Anggrek Cepat Berbunga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel