Bunga Kupu-kupu (Bauhinia purpurea)


Toko Bunga Murah Jakarta 24 Jam - Bunga Kupu-kupu, demikianlah tanaman berbunga ini kerap dinamai di Indonesia. Tanaman dari famili Fabaceae di Indonesia kerap kali dijumpai sebagai tanaman peneduh dan tanaman pagar. Bunga Kupu-kupu sebetulnya adalah nama lazim untuk penyebutan beraneka tanaman dari genus Bauhinia sp, yang jumlahnya hingga 300-an jenis. Namun yang paling dikenal adalah spesies Bauhinia purpurea.

Nama latin tanaman ini adalah Bauhinia purpurea L. yang mempunyai sebagian nama sinonim seperti Bauhinia castrata Blanco, Bauhinia coromandeliana DC., Bauhinia platyphylla Span., Bauhinia purpurea var. corneri de Wit, Bauhinia rosea Corner, Bauhinia triandra Roxb., Bauhinia violacea Corner, Caspareopsis purpurea (L.) Pittier, dan Phanera purpurea (L.) Benth.

Dinamakan bunga Kupu-kupu lantaran sekilas daun bunga tanaman ini menyerupai kupu-kupu. Sedangkan wujud bunganya sekilas hampir menyerupai anggrek. Dalam bhs Inggris tanaman ini disebut sebagai Butterfly Tree, Orchid Tree, Purple Bauhinia, dan Purple Camel’s Foot.

Meskipun tumbuhan ini tersebar secara alami di Asia (China dan Asia Tenggara), tetapi ternyata bukanlah tanaman asli Indonesia. Tanaman yang ditumbuh di Indonesia merupakan hasil introduksi, meskipun sebagian study memasukkan Indonesia sebagai habitat alami tanaman ini. Kapan dan siapa yang mempunyai bunga kupu-kupu masuk ke Indonesia, belum jelas. Selain diintroduksi ke Indonesia, bunga ini terhitung diintroduksi ke banyak negara lain mulai dari Amerika, Australia, hingga Afrika.

Pohon bunga kupu-kupu (Bauhinia purpurea) berukuran tengah bersama dengan tinggi menggapai 5 meter. Kulit batang berwarna coklat keabu-abuan. Daun berukuran 10-20 cm, berwarna hijau bersama dengan wujud menyerupai sayap kupu-kupu; bagian pangkal membulat ganda (seperti pangkal hati) dan bagian ujungnya pun ganda melonjong. Bunga berwarna merah muda, terdiri atas lima kelopak, dan berwarna harum.

Tanaman ini tumbuh baik di area beriklim tropis dan subtropis bersama dengan ketinggian pada 500-2000 mtr. dpl. Di Indonesia bunga kupu-kupu biasa ditanam sebagai tanaman penghijauan di tepi jalan, sebagai pagar hidup, atau hidup meliar di semak-semak.

Pohon bunga kupu-kupu bisa dikembangbiakan secara generatif (dengan manfaatkan biji) ataupun secara vegetatif, yaitu bersama dengan stek ataupun cangkok. Perawatannya memadai mudah bahkan cenderung menjadi tanaman invasif.

Getah dan kayu pohon kupu-kupu mengandung tannic acid dan glukosa. Sedangkan bunganya mengandung astragalin, isoquercitrin, guercetin, pelargonidin 3-glukoside, dan 3-triglucoside butein galactoside. Dengan kandungannya tersebut, bunga kupu-kupu bisa digunakan sebagai anti-bakteri, anti-diabetes, analgesic, anti-inflammatory, anti-diare, anti-kangker, nephroprotective, dan kegiatan regulasi hormon tiroid. Pun untuk menyembuhkan nyeri, rematik, pembengkakan paha, kejang, dan diare (bunga).

Tumbuhan bunga kupu-kupu terdaftar didalam standing keterancaman yang dikeluarkan oleh IUCN Redlist. Statusnya adalah spesies Least Concern.

0 Response to "Bunga Kupu-kupu (Bauhinia purpurea)"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel